2013/03/04

Pemasaran Dalam Perencanaan Strategis Berorientasi Pasar

A. Perencanaan Strategis Berorientasi Pasar


Perencanaan strategis orientasi pasar adalah sebuah proses manajerial untuk mengembangkan dan menjaga agar tujuan, keahlian dan sumber daya organisasi sesuai dengan perubahan pasar. 
Tujuannya adalah untuk membentuk dan menyempurnakan usaha dan produk perusahaan agar memenuhi keuntungan dan pertumbuhan.

Proses Perencanaan dalam strategis berorientasi pasar terdiri dari :
1. Perusahaan akan menentukan Visi dan Misi dari SBU ( Strategic Business Unit )
2. Rencana pemasaran dilaksanakan 2 tingkat :
    a. Rencana pemasaran strategis : Mengembangkan tujuan dan strategi pemasaran yang luas berdasarkan analisis situasi dan peluang pasar saat ini
    b.  Rencana pemasaran taktis : menggariskan taktik pemasaran yang spesifik terdiri dari periklanan, penjualan, penetapan harga, saluran distribusi dan pelayanan

Perencanaan Strategis terdiri dari 3 Elemen yaitu :
1. Perusahaan harus dikelola secara portofolio investasi
2. Potensi keuntungan harus dipertimbangkan berdasarkan pertumbuhan pasar dan posisi perusahaan
3. Pemantapan strategi 

Perencanaan Strategis Tingkat Korporasi dan Divisi
Semua kantor pusat korporasi harus melaksanakan 4 kegiatan perencanaan :
1. Menetapkan misi perusahaan ( korporasi )
2. Menetapkan unit bisnis strategis (SBU)
3. Mengalokasikan sumber daya bagi masing-masing SBU
4. Merencanakan bisnis baru dan merampingkan bisnis lama

Mendefinisikan Misi Korporasi

Suatu organisasi didirikan untuk mencapai suatu tujuan. Misi dan tujuan biasanya ditetapkan di awal. Dengan berjalannya waktu Misi tersebut akan kehilangan relevansi karena perubahan pasar dan untuk memanfaatkan peluang pasar baru.
Misi perusahaan perusahaan menurut Peter Drucker harus menjawab pertanyaan :
- Apakah bisnis kita sekarang ?
- Siapa pelanggan kita ?
- Apakah nilai kita bagi pelanggan ?
- Akan menjadi apakah bisnis kita dimasa mendatang ?
- Seperti apakah seharusnya bisnis kita dimasa depan ?

Organisasi - organisasi yang akan mengembangkan pernyataan misi yang ditentukan. Pernyataan misi yang baik maka akan jelas dan masuk akal sehingga pernyataan itu akan menuntun para karyawan mampu bekerja mandiri secara bersama - sama mencapai tujuan organisasi. Pernyataan misi yang baik tentunya akan memberikan arah bagi perusahaannbaik 10 ataupun 20 tahun pendatang.

Misi yang baik harus memiliki karakteristik utama seperti:
1. Menekankan pada sasaran yang terbatas jumlahnya
2. Menekankan kebijakan dan nilai utama yang ingin ditaati oleh perusahaan
3. Pernyataan misi mendefinisikan lingkup persaingan utama tempat perusahaan akan beroperasi

Menetapkan Unit Bisnis Strategis

Sebagian besar perusahaan mengoperasikan beberapa jenis bisnis. Menurut Levitt, bisnis  berdasarkan pasar lebih baik daripada bisnis berdasarkan produk. Bisnis harus dilihat sebagai proses pemuasan pelanggan, bukan proses pembuatan barang.

Bisnis dapat didefinisikan berdasarkan tiga dimensi :
1. Kelompok pelanggan
2. Kebutuhan pelanggan
3. Teknologi

Setiap SBU memiliki tiga karakteristik yaitu :
1. Suatu bisnis terkait yang dapat direncanakan secara terpisah dari bagian perusahaan lain
2. Memiliki kelompok pesaing sendiri
3. Memiliki manajer yang bertanggung jawab dalam perencanaan strategis dan kinerja laba serta mengontrol sebagian besar yang mempengaruhi laba.

B. Peranan Pemasaran dalam Organisasi

Pemasaran ada dimana - mana. Pada dasarnya, orang dan organisasi terlibat dalam sejumlah aktivitas yang kita sebut adalah kegiatan pemasaran. Pemasaran yang baik akan menjadi elemen yang kuat untuk kesuksesan suatu bisnis.

Seperti yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya, pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan sesuatu yang bernilai sama. Yang dipasarkan bisa berupa barang, jasa, acara, pengalaman, orang, ide,tempat, properti, maupun organisasi.

Hubungan dengan Organisasi

Hubungan antara pemasaran dan organisasi tidak dapat dipisahkan. Pemasaran adalah bagian tubuh dari organisasi yang akan membawa organisasi itu ke permukaan, begitu pula organisasi yang harus selalu menampilkan citra yang baik dan kuat.

Peranan Pemasaran dalam Organisasi 
Peran pemasaran dalam organisasi menurut Webster Jr, peran pemasaran dalam organisasi ada 2 tipe yaitu :
1. jenjang organisasional
2. jenjang manajerial

1. Jenjang organisasional
 Jenjang yang berkaitan dengan peran pemasaran sebagai kultrur, strategi dan taktik.  Jenjang organisasional terbagi 3 aspek yaitu :
a. korporate 
b.Unit strategi marketing
c. Operasional

a. korporate ( corporate marketing ) yaitu tiga peran utama yang bertujuan membangun kultur perusahaan yang lebih mengutamakan nilai dan keyakinan dasar berkaitan dengan kepentingan pelanggan. diantaranya :
- mengoperasionalkan filosofi konsep dengan mempromosikan orientasi pemasaran kepada   pelanggan yang mengutamakan kebutuhan, keinginan dan kepuasan.
- memperkirakan daya tarik pasar dengan menganalisis kebutuhan dan karakteristik pelanggan
- mengembangkan nilai keseluruhan perusahaan ( good will )

b. Unit bisnis marketing yaitu peran pemasaran di jenjang strategi marketing yang mencakup   diantaranya :
- menentukan kompetisi dengan para pesaing bisnis
- memutuskan siapa , kapan dan bagaimana menggalang kemitraan

c. Operasional yaitu  peran pemasaran di jenjang operasional yang mencakup   diantaranya :
- merumuskan dan mengimplementasikan program pemasaran yang berdasarkan konsep pembauran pemasaran ( marketing mix ) seperti 4P.
- mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan dan penyalur dibutuhkan taktik yang handal

2. Jenjang manajerial
Jenjang ini berkaitan dengan peranan manajemen pemasaran didalam mengimplementasikan fungsi manajemen yang didukung oleh keterempilanmanajemen tertentu yang diperlukan untuk menunjang kelancaran proses manajemen yaitu diantaranya :
- manajemen puncak
- manajemen menengah
- manajemen bawah

Di dalam suatu organisasi manajer harus menyusun struktur organisasi yang orang dan sumber fisiknya dipersiapkan dengan baik agar mampu melaksanakan rencana dan mencapai tujuan.

Struktur organisasi tersebut mencakup 3 elemen pokok yaitu :
1. Interaksi manusia
2. Kegiatan yang mengarah pada suatu tujuan
3. Struktur

Berikut peranan pemasaran dalam organisasi :

1. Peran pemasaran dalam sektor bisnis

     Dalam sektor bisnis, pemasaran paling cepat menyebar di perusahaan penghasil barang konsumen dalam kemasan , perusahaan penghasil barang konsumen tahan lama, dan peralatan industri. Perusahaan jasa, khususnya penerbangan dan bank telah menuju pemasaran modern. Pemasaran mulai menarik minat perusahaan lain sehingga mereka butuh banyak belajar dalam menerapkan nilai pemasaran itu secara efektif.

2. Peran pemasaran dalam sektor non-profit

     Pemasaran semakin menarik organisasi non-profit seperti perguruan tinggi, gereja, dan kelompok kesenian khususnya negara - negara maju. Berbagai instansi pemerintah dan lembaga non-profit swasta meluncurkan berbagai pemasaran sosial untuk mengurangi merokok, minum minuman beralkohol, dan berhubungan seks yang tidak aman.

3. Peran pemasaran dalam sektor internasional

     Perusahaan multi nasional banyak sekali menanamkan modal untuk meningkatkan pemasaran global. Beberapa perusahaan multi nasional Eropa dan Jepang seperti Nestle, Benetton, Unilever, Sony telah memahami pemasaran lebih baik dari pada AS. Perusahaan multi nasional ini memperkenalkan dan menyebarluaskan praktik pemasaran modern ke seluruh dunia. Hal ini membuat perusahaan domestik untuk memperkuat pemasaran agar dapat bersaing dengan perusahaan multi nasional.

Konsep - konsep Pedoman Organisasi dalam Pemasaran

Kegiatan pemasaran seharusnya memikirkan konsep pemasaran yang efisien, efektif dan bertanggung jawab sosial. Konsep inilah yang akan dijadikan pedoman oleh organisasi untuk melakukan kegiatan pemasaran diantaranya :

1. Konsep Produksi
Konsep ini menegaskan bahwa konsumen akan menyukai produk yang ada dimana - manda. Para manajer berorientasi produksi berkonsentrasi untuk mencapai produk yang tinggi , biaya rendah, dan distribusi besar - besaran.
2. Konsep Produk
Konsep ini menegaskan bahwa konsumen cenderung memilih sebuah produk dengan kualitas yang bermutu dan inovatif. Disinilah manajer harus membuat ide yang menarik .
3. Konsep Penjualan
Konsep ini menegaskan bahwa perusahaan harus melakukan penjualan dan promosi yang agresif biasanya pada barang yang tidak dicari seperti asuransi, ensiklopedi dll. Kebanyakan perusahaan mempraktikan konsep ini untuk menjual apa yang mereka buat, bukan membuat apa yang diinginkan pasar.
4. Konsep pemasaran
Konsep ini menegaskan bahwa kunci untuk mencapai tujuan perusahaan adalah menciptakan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang terpilih.
Konsep pemasaran terdiri dari :
a. Pasar sasaran , yaitu sebuah perusahaan akan berhasil bila mereka cermat memilih sasaran dan mempersiapkan program pemasaran untuk pasar tersebut.
b. Kebutuhan pelanggan, yaitu memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan yang tidak mereka sadari. Untuk itu dapat dibedakan lima jenis kebutuhan yaitu, kebutuhan berdasar yang dinyatakan, diriilkan, tidak dinyatakan, kesenangan, dan rahasia.
c. Pemasaran terpadu, yaitu pemasaran harus bekerja sama (tenaga penjualan , periklanan, dll) semua harus bekerjasama dan harus dikoordinasi berdasarkan sudut pandang pelanggan dan pemasaran harus pula dirangkul oleh departemen lain diluar pemasaran.
d. Kemampuan menghasilkan laba, yaitu tujuan akhir konsep pemasaran yaitu mencapai tujuan mereka itu sendiri. Tujuan utama adalah labanya, bertahan hidup dan menarik cukup dana untuk melakukan pekerjaan bermanfaat. 




Daftar pustaka 
http://bahanajar-akuntansipoliban.16mb.com
http://debbyaprilianti-gmail.blogspot.com/2011/10/peran-pemasaran-dalam-organisasi-dan.html
http://hairun-nisya.blogspot.com/2012/10/peran-pemasaran-dalam-organisasi.html
http://indraputrabintan.blogspot.com/2012/09/dasar-pemasaran-peran-pemasaran-dalam.html





1 komentar:

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/korut-lanjut-kembangkan-nuklir-di-2018.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/ada-hak-veto-pbb-dinilai-tak-demokratis.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/kabar-buruk-cedera-jesus-dan-de-bruyne.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM

    BalasHapus